Monday, December 19, 2011

OASIS - KKR NATAL PO BINUS

tgl 17 Desember kemarin dateng ke natalan PO, Temanya oasis. oasis itu sumber mata air segar yang terdapat di tengah padang pasir yang kering, gersang dan tandus. Nah bagaikan hidup qt yang gersang dan tandus, tapi Tuhan sebagai oasis yang akan menyegarkan jiwa qt. seperti itulah. nah sekarang mau sharing kotbah yang marin itu, smg bisa jadi berkat buat teman2 yang baca.


Pembicara: Pdt. Yohan Candawasa

Manusia lahir ke dunia ini membawa 7 lubang. hal ini terjadi semenjak kejatuhan manusia ke dalam dosa. (kej 3). 7 lubang itu adalah:
1. rasa takut
sehingga manusia mencari keamanan.
2. rasa malu (shame: being.)
sehingga manusia membutuhkan pujian, penghargaan, untuk menutupi rasa malunya.
3. rasa bersalah (guilty: doing) yang diikuti dengan penyesalan.
sehingga membutuhkan forgiveness.
4. Lonely
Dosa memisahkan qt dari Allah, dari sesama dan bahkan dengan diri qt sendiri. qt jadi merasa kesepian dan membutuhkan orang untuk mengasihi qt.
5. rejected n unwanted
sehingga qt butuh dicintai dikasihi, mau merasa penting dan dibutuhkan.
6. Buntu tidak ada jalan. hopeless tidak berdaya.
sehingga qt butuh power, supaya kuat dan berkuasa. entah dengan banyak uang, kedudukan yg tinggi, kepintaran, dsb.
7. emptiness
butuh fulfil, hidup yang terisi.

banyak cara yang qt lakukan untuk mencoba memenuhi segala lubang2 yg kosong itu. waktu kecil mungkin qt mencari itu dari orangtua qt. Namun jika qt tidak mendapatkannya qt akan berusaha sendiri untuk terus mencari dari teman qt, bahkan dari pasangan qt, atau dengan upaya diri qt sendiri. qt mau punya banyak uang supaya tidak takut, segala sesuatu biasa diandalkan dengan uang qt pikir. lalu qt membeli segala sesuatu yang branded. pakai baju bukan cuma secara fungsi lagi, tapi membeli merk supaya terlihat keren dan orang2 bisa pandang qt.

kalau qt koreksi diri qt masing2 adakah lubang seperti itu di dalam diri qt? untuk apa qt pintar? apakah murni untuk kemuliaan Tuhan? atau untuk memuliakan diri sendiri? supaya orang2 mandang qt hebat?  terkadang qt mungkin mencari seseorang hanya untuk memenuhi qt saja. kl qt berteman dengan dy ada fungsinya, yah mau berteman kalo ga, yah ga mau. atau terkadang kalo pacaran. qt suka dengar orang yang bertanya "untuk apa sih u pacaran dengan dia?" (itu merupakan pertanyaan yg kurang ajar) apalg kalo orang yg ditanya bisa menjawabnya "karena dia membahagiakan gue" (itu lebih kurang ajar lg) masa cari pacar sebagai alat untuk membahagiakan qt? qt mencari fungsi dari orang lain untuk dapat memenuhi yang qt mau.

4 akibat dari lubang2 itu adalah:
1. qt mencari yang diluar Tuhan.
2. mencari apapun sesuai fungsinya.
3. menyembah berhala (melakukan segalanya untuk mempertahankan berhalanya)
4. tetap saja KOSONG.

karena lubang2 yang qt punya itu segede Tuhan, maka hanya bisa diisi dengan Tuhan itu sendiri, baru qt benar2 penuh kembali. bagaimana mungkin qt mengisi kekosongan qt yang tidak terbatas itu dengan yang terbatas? sebagai contoh, reality show uang kaget. ada yang pernah nonton? itu orang yang dapet 10jt gmn reaksinya? ada yang menangis sampe tersungkur di tanah, ada juga yang sampe pingsan. andai kata, minggu depan dia dapet lagi. mungkin dia masih menangis terharu tapi mungkin tidak sampai tersungkur lg atau pingsan. jika terus berlanjut minggu demi minggi dia dapet 10jt, masihkah dia akan menangis terharu? euforia hanya dialami pada minggu2 pertama saja. kalau terus berlanjut selama berbulan2 pasti lama2 jadi biasa, yang ada menciptakan rasa takut. takut kalau dia ga dapet 10jt lagi gmn. dan 10jt itu tidak akan membuatnya puas. lama2 dia pasti ingin yang lebih.

mengisi kekosongan diluar Tuhan, tidak akan bisa terpenuhi. malah akan saling merusak sesama. jika saja kekosongan yang qt punya bisa dipenuhi dengan uang. maka Tuhan akan mengirim uang ke dunia ini supaya qt terpenuhi. tapi tidak ada yang dapat memenuhi kekosongan manusia kecuali dengan diriNYA sendiri. maka itu Dia mengirimkan diriNya sendiri dalam Yesus untuk dapat memenuhi kekosongan qt.
Natal adalah hadiah buat qt yang isinya adalah diriNya sendiri. Tuhan sangat mengasihi qt.

Terimalah Tuhan dalam hati qt, hanya Dia yang bisa memenuhi segala kekosongan didalam diri qt.

1 comment: