Friday, February 14, 2014

7 Check lists dalam memilih pasangan hidup



Pas banget di hari Valentine, dengerin kotbah ini. Ini sih kotbah yang udah lama temen kasih ke aku. Uda pernah denger tapi lupa :p maka itu kali ini dengerin lagi tapi dicatet dan dishare di blog ini, supaya kalo lupa bisa inget-inget lagi dan juga skalian share sama temen-temen yang mungkin lagi punya pergumulan tentang pasangan hidup..

7 Check lists dalam memilih pasangan hidup
By:  Ps. Philip Mantofa

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 
(Roma 12: 1-2)

Qt sebagai anak Tuhan maka qt mau mempersembahkan kehidupan kita kepada Tuhan, serta memiliki tujuan hidup yang benar untuk memuliakanNya, menyenangkanNya dan menjadi berkat untuk sekeliling qt. Jangan qt sama seperti dunia ini yang hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa mempedulikan apa kehendak Tuhan dalam hidup qt. Termasuk juga dalam memilih pasangan hidup qt juga rindu mendapatkan yang terbaik yang sesuai kehendak Tuhan. Betul?? 

Banyak diantara qt yang pernah muncul pikiran seperti ini 
“Gimana sih bisa tau kalo orang ini adalah pasangan hidupku?”
Banyak yang bilang qt harus dengar suara Tuhan, minta tanda apakah dia orangnya?
Tapi gimana caranya? Kadang qt sendiri bingung apakah ini bener kehendak Tuhan atau cuma kehendak qt? Abstrak banget yah. Apalagi saat qt udah mulai jatuh cinta sama seseorang, perasaan qt biasa yang akan menuntun qt, qt tidak bisa peka dengan suara sekelliling qt apalagi suara Tuhan. Bisa saja hal-hal kecil qt kaitan sendiri, oh ini petunjuk dari Tuhan, ini dia orangnya nih. Padahal belum tentu. Jangan qt memilih pasangan hanya bedasarkan perasaan qt saja. Pengetahuan yang akan membuat qt bijak mengetahuinya, pengetahuan yang berdasarkan Firman Tuhan yang qt butuhkan untuk menuntun qt memilih pasangan hidup yang tepat.

Allah adalah sumber dari segala yang sempurna, namun memilih adalah tanggung jawab qt kepadanya. Karena setiap qt kan punya kebebasan untuk memilih. Tuhan yang memberikan pilihan di sekitar qt namun tetap saja qt sendiri yang memilih.  Keputusan itu di tangan qt. Maka qt harus mempertimbangkan dengan mantang dalam memilih. 

Inilah 7 check list sebagai panduan qt untuk dapat memilih pasangan yang tepat. Dari ke-7 checklists ini minimal ada 60%, kalau 50% terlalu mepet, kalau 70-80% itu terlalu tinggi. Karena tidak ada manusia yang sempurna bukan? Hehe. 

1.       Orang yang berkomitmen.
Orang yang punya komitmen untuk terus bertumbuh dalam Tuhan secara pribadi. Jangan sampai dia bergantung pada qt sepenuhnya untuk bertumbuh dalam Tuhan, kalau tanpa qt dia tidak bertumbuh, itu juga tidak benar. Jangan hanya melihat statusnya agama Kristen, tapi lihat pertumbuhan dan buah dari imannya.

2.       Mempunyai visi hidup yang menyenangkan Tuhan.
Cari orang yang visi hidupnya menyenangkan Tuhan, yang produktif, yang mengetahui kemana dia akan pergi, yang mempunyai sasaran dalam Tuhan. Tuhan seneng sama visi hidupnya. Qt coba tanya ke dia, apa yang menjadi visi hidupnya, bagaimana karir yang dia inginkan dan bagaimana kedepannya ia mau membawa keluarganya. Dari situ qt dapat lihat apakah dia melibatkan Tuhan dalam visi hidupnya atau tidak.

3.       Jujur .
Jujur di sini berbicara tentang ketulusan. Orang yang tidak berbelat belit menutupi sesuatu yang tidak benar.  Lihatlah dalam hal-hal kecil apakah dia suka berbohong atau tidak. Karena dalam suatu hubungan kepercayaan sangatlah penting. Kalau pasangan qt tidak jujur bagaimana qt bisa mempercayainya? Be smart! jangan mau menjadi korbannya.

4.       Orang yang dewasa dan bertanggungjawab.
Orang yang dewasa jangan hanya qt lihat dari umurnya saja, tapi qt lihat dari cara dia menanggapi setiap persoalan. Kenali pandangan hidupnya seperti apa. Maka itu sangat penting qt berteman dan mengenali dia dahulu. Apakah dia orang yang tertib dan teratur dalam hidupnya, apakah dia orang yang konsisten dengan perkataannya atau tidak.

5.       Memiliki gambar diri yang sehat.
Dia menerima dirinya, mengasihi dirinya dan bisa merawat dirinya sendiri. Bukan berarti egois yah. Hehe. Jika dia tidak bisa mengashi dirinya sendiri bagaimana bisa dia mengasihi orang lain dengan baik. Gambar diri yang sehat sangat mendukung hubungan yang sehat dan bahagia.

6.       Sikapnya positif terhadap hidup.
FLP 4:4
Bersukacitalah senantiasa! Be positive! Lihat bagaimana sikap dia menghadapi sesuatu. apakah dia orang yang sangat pesimis atau suka mengeluh. Bagaimana bisa bahagia kalau cara pandangnya selalu negatif. orang yang memiliki sikap dan pemikiran yang positif akan dapat bersukacita senantiasa apapun keadaannya.

7.       Jatuh cinta.
Ada perasaan cinta diantara dirimu dengan dirinya. Ini yang paling penting. Kalau ga cinta gimana menikah. Jangan qt menjalin hubungan karena terpaksa atau kasihan. Walau mungkin perasaan cinta bisa bertumbuh, tapi kalau tidak ada dasar cinta minimal 60%, jangan dulu menjalin hubungan deh.

Wahh intinya sih qt mesti sangat mengenal dirinya nih. Melalui pertemanan yang baik. Bahkan ada kata-kata yang terbaik adalah marry your best friend! Best friend loh bukan old friend. Bukan seberapa lama qt mengenalnya, tapi seberapa baik hubungan qt, ikatan qt sebagai teman yang saling mengenal, menghargai, mendukung satu sama lain.

Gimana temen-temen? Apakah membantu? Semoga 7 check lists ini membantu qt dalam memilih pasangan hidup.  7 check lists ini bukan hukum taurat, tapi ini tuntunan dan hikmat yang Tuhan berikan. Ingat memilih pasangan hidup itu keputusan yang sangat penting yang Tuhan percayakan pada setiap qt. Jangan asal-asalan karena, qt juga yang akan menjalaninya sampai akhir hidup qt. Jangan lupa juga untuk tetap berdoa dan melibatkan Tuhan di dalam mengambil setiap keputusan! :D

 

2 comments:

  1. 8. yakinlah 100% kalau pasangan anda itu benar-benar lawan jenis.. haha

    ReplyDelete