Monday, February 27, 2012

Kalo aja waktu bisa diulang

holla.. sudah lama ga nulis blog. sebetulnya pengen, tp blm sempet. kesibukan sekarang2 ini adalah, mikirin TA (Tugas Akhir) iyap.. selama 4taon kuliah DKV, akan ditutup dgn TA ini. smg lulus dgn hasil yg baik ^_^, selain TA juga lg sambilan kerja. tp bntr lg berakhir sih masa kerjanya. sekarang mau cerita sedikit ttg awal TA ini. dari hal ini ada pelajaran yg Tuhan berikan. mau tau? disimak sampai habis yah ;p

Jadi dosen sudah mengadakan briefing untuk TA, sebulan sebelum qt masuk semester 8 ini yang isinya cuma ngerjain TA aj tuh 1 semester. Nah, dikasih waktu 1 bulan untuk qt pikirin mau ngajuin judul TA apa. TA itu kekna harus yg d best deh, kan itu portofolio qt yg terakhir di perkulihan qt, n jg ini lah kesempatan qt nunjukin hasil selama ini belajar DKV. Jd harus sungguh2 n dibuat dgn baik. Hari demi hari berlalu, kalo ketemu tmn2 seangkatan pasti yg ditanya itu "eh u dah tau mau TA apa?" kayakna itu topik hot untuk anak yg mau ke semester 8. setiap temen nanya jawaban gw cuma "eh iya belom nih, hehe. u apa?" nyantai2 gt bilang belom, tapi ga terus2 dipikirin mau buat ap yah TA. pas tau2 ud tinggal minggu depan ajah, baru shock deh, karena belom tau mau buat apaan.

Seminggu menjelang pengajuan judul TA, langsung panik, cari2 pinjeman buku desain untuk asistensi nanti, terus tiap saat kepikiran TA mau buat ap. mau tidur kepikran sampe besoknya bangun tidur lgsg kepikiran lg. (lebay ga sih? tp emg gitu nyatanya). tadinya pingin buat kampanye, tapi hari demi hari berlalu belom kepikiran mau kampanye apa yah. trus juga mau buat buku unyu2 yang interaktif, tapi ga kepikran kontennya mau ap. akhirnya hampir tiap hari cari referensi terus buat TA, n ke toko buku cari referensi buat buku tuk anak2 gitu (gw demen yg bocah2 gt, lucu imut). sampai hari senin malem masih pergi ke toko buku untuk riset2 sedikit, besoknya selasa uda harus ngumpul 3 judul, n setiap judul ada bab 1-3. Nah gw belom buat 1 pun. huaaaa... eh pulang2 dari mol, cape n badan ga fit. langsung aj deh gw minta dukungan doa dr gembala cool gw, spy gw sanggup n bisa kelarin judul beserta 3 bab itu untuk diajuin besok. terus ditengah2 kepanikan itu, tmn gw kasi tau kl besok pegi jam tgh 6 yah. nah kelasnya sebetulnya jam 7.20, gw rada bingung sih kq pagi banget jam tgh6 jalan? gw sampe nanya 2x, tapi jawaban dia sama. "iyah besok tgh6 jalan yah" oke deh kalo gitu. gw uda pasrah pasti bergadang deh nih. Akhirnya gw baru mulai buat jam 11 malem, n kelar2 jam 4 pagi hari selasa.utungnya selama gw buat itu, badan gw ud mulai enakan, cukup seger ngerjainnya. akhirnya kelar juga tuh jam 4. rada panik soalna berharap bisa tidur dulu gitu. jadi mau cepet2 tidur.

Pas mau tidur jadi kepikiran tuh, aduh gimana yah, judul gw bakalan keterima ga yah. Soalna ud pernah denger dari senior kl bisa aj judul u ga kepilih kalo data n bab u kurang lengkap. Gw jadi takut gt. sampe bedoa ma Tuhan. "Tuhan ak nyesel banget nih, ak tau ak salah, lalai n ga nyicil buatnya, pliz Tuhan besok keterima, nain x ga SKS lg deh. Bnr2 nyesel". Dalam pikiranku kalo aja waktu bisa diulang, ga mau kayak gini deh, nyicil hari demi hari. Huhuh. Jd mo tdr aj masih kepikiran tuh. akhirnya ketiduran juga sih. Trus pasang alarm jam 5, soalna kan mau jalan tgh6 kata tmn gw td. Eh eh ud bgun jam 5 rasanya masi ga sanggup jd tdr lg, n bgn2 uda jam tgh6, lgsg cek HP, tmn gw ada hububgin gw ap ga, eh trnyta blm ada kabar kl mo jalan. Jd rada tenang, lgsg deh beberes. N akhirnya br pergi jam tgh7. Trus pas ketemu gw bilang dnx, "eh katanya mo pegi tgh6", trus tmn gw jawab "hah masa iya yah?", doenk! Ternyata tmn gw salah blg, yg dy maksud tuh jam tgh7. haha. Yauda deh tetep aja sih kurang tidur.

Sampe kampus ngumpulin 3 judul TA itu, dan akhirnya terrpilih lah satu. Yang kepilih itu re-identity visual bakery shop gt. padahal gw paling banyak waktu untuk cari2 referensi ttg anak2 itu, eh tapi paling mateng kalo bakery shop itu sih, selain itu juga bakery shop-nya deket sama rumah, jd gampanglahh... Seneg banget akhirnya judul telah terpilih. Soalna bner aj, ada juga bbrapa temen gw yg ga kepilih. Jd gw bersyukur banget.. Thx GOd.

Minggu depan disuruh ngnajuin bab1-3 yg bener n yg sudah rapih. Hari demi hari berlalu lagi, pas hari sabtu baru mau ngerjain yang serius, trus kepikiran, mau nanya orang yg punya bakery shopnya ahhh,(dari awal belom nanya2 n ijin kl gw mau pake tokonya untuk TA gw), pikirnya mah pasti boleh lah, toh ga bakal ngerugiin si empunya, pas gw ngobrol2 ma tmn gw jg dy rilex aj, ga gt pusingin. Akhirnya gw telponlah si pemilik toko itu, eh ternyata ga dikasih loh gw pake tokonya untuk TA gw, gw ga diijinin wawancara die. Aih gw lgsg shock.trus tiba2 pusing n panik. Ampun Tuhan, lagi2 gw ngulang kesalahan yg sama, mepet2 n nekat banget,kena deh skrg huhu. Trus lgsg gw kepikiran untuk ganti aja tuh dgn bakery shop yg lain, gw pakailah kompetitor bakery shop yg tadinya gw pilih, x ni ga mau tunggu n nekat lg. langsung saat itu juga gw melejit ke tokonya, gw temuin yg punya toko minta ijin, Puji Tuhan, yg ini enciknya baik, dy mau ijinin, hehe. Seneng. Selain itu gw juga sempet email ke dosen gw curhat masalah gw ini, n minta solusi, dy menyarankan untuk ganti aja bakery shopnya, maka itu gw lakukan itu. Akhirnya sekarang judulnya uda bnr2 dapet n tinggal lanjutin lg deh.

Waktu kejadian itu langsung terpikir, coba waktu bisa diulang yah, pasti ga ada penyesalan kayak gini. Trus yg gw pelajari adalah, kl ga ad penyesalan yah qt ga bisa belajar dari kesalahan, qt jd ga ad perbaikan, n perubahan sikap. Dan yang gw lihat lagi, dalam segala sesuatu Tuhan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan, n gw percaya smw baik, ini pasti yg terbaik dari Tuhan. Dalam kelalaian n kesalahan gw pun, Tuhan masih mau tuntun, sehingga gw nemu jalan keluarnya. Tuhan si super baik loh. Bnr2 skr belajar untuk disiplin n rajin, jgn tll anggep remeh n menunda2, supaya ga timbul bnyak penyesalan lg, n jgn terus2an ngulang kesalahan yg sama lah. Itulah pelajaran yg didapat x ini. Tmn2 doakan TA saya yah. Buat tmn2 yg lg TA, semangat n gud luck! ;D

No comments:

Post a Comment