Wednesday, August 3, 2011

Hidup itu pilihan. Baca ato kaga? Itu jg pilihan! hehe

Dalam menjalani kehidupan ini qt selalu menghadapi berbagai macam pilihan. Mau jadi apa saya nanti? Mau kuliah apa? Mau kerja apa? Mau punya pasangan hidup kayak  gimana? hari ini mau pake baju apa? Semua merupakan pilihan dan qt harus memilih. Saat qt tidak mau memilih, itu juga pilihan. Haha. Kehidupan qt yg sekarang itu juga karena pilihan2 yg telah qt ambil pada masa lalu. Dan kl qt mau memiliki kehidupan yg lebih baik pada masa depan maka qt harus menentukan pilihan mulai dari saat ini..

Tuhan memberikan qt kuasa untuk memilih. Karena Tuhan ga mau jadiin qt kaya robot. Yang selalu mengikuti  kehendakNya secara otomatis. Tapi Tuhan mau qt melakukan kehendakNya karena keinginan qt. karena qt mengasihiNya. Perlu qt ketahui Tuhan punya rencana yg indah dalam hidup qt. Namun tetap qt memilih untuk selalu taat padaNya sehingga qt masuk dalam rencanaNya, atau qt memilih untuk bermain2 sendiri menentukan arah hidup qt sendiri. Benar kalau setiap keputusan atau kesalahan yg qt ambil tidak lepas dari jangkauan Tuhan. Tapi kl qt terus2an bandel dan ga mau nurut sama Tuhan yah qt jg yg ngerasa ruginya. Sebetulnya Tuhan sudah siapin jalan qt dari A mau ke E lewatin B, C, D. tp qt kadang sotoy nentuin jalan sendiri n ga tanya2 Tuhan. Qt milih lewat Z. akhirnya qt lewatin jalan yg jauh n tersesat dulu baru nyampe ke E. 

Hmm kl dipikiran aku nih. Aku lagi bayangin Tuhan tuh liat qt dari atas kayak lagi main MAZE GAME. Tuhan uda bisa liat qt startnya dimana, dan menuju ke finish tuh lewat mana. Dan Tuhan juga ud tau yang mana jalan buntu dan yg mana jalan tembus mencapai finish. Tuhan uda buat garisnya dr start ke finish tp qt ga mau ikutin garisnya. Qt terus memandang kedepan dan berlari  sesuai apa yang qt mau. Tuhan yg dari atas cm senyum2.. yahh anakku jgn lewat situ, itu jalan buntu. Sampe akhirnya qt nemu jalan buntu dan berbalik arah lg. muter2 dan tersesat. Baru deh nangis cari2 Tuhan.. Tuhan jalan kemana nih? Kok buntu? Aku tersesat mau nyampe ke start gimana?. Tuhan Cuma jawab “Anakku kan aku udah kasi kamu peta untuk menuntun jalanmu. Kamu lihat dong petanya”.  Peta itu adalah alkitab yg Tuhan kasih untuk qt menjalani hidup ini supaya sesuai dengan jalanNya dan mencapai rencanaNya. Sering x aku begitu tuh. Uda ambil keputusan baru deh minta Tuhan sertain jalanku. Uda sesat baru deh minta tolong Tuhan. Mestina mah waktu lagi pilih2 jalan ato mo ambil keputusan Tanya Tuhan dl. Ambil yg mana nih Tuhan? Jalan kanan ato kiri nih? Tapi sekarang belajar deh untuk minta tuntunan Tuhan terus. 

Waktu itu pernah lg ngobrol2 ma temen. Aku cerita tentang hal ini. Temen aku ingetin aku kisah di Musa (keluaran33). Dimana Tuhan tidak mau berjalan dengan bangsa Israel yg tegar tengkuk (ay.3 dan 5). Tapi Musa meminta kasih karunia Tuhan dan mengingatkan Tuhan bangsa Israel adalah umatNya (ay.13). Berkatalah Musa kepada-Nya: "Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini. Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?" (ay 15-16). Dari kisah ini diingetin lg, kl qt berjalan tanpa penyertaan Tuhan apalah bedanya qt dengan org lain yg tidak mengenal Tuhan?  Bagaimana qt dapat menunjukan ke orang lain kl qt mendapat kasih karunia Tuhan? Bukankah itu semua dapat qt tunjukan jika Tuhan sendiri berjalan bersama qt dan kemuliaanNYA nyata atas qt?  jadi inget lagu Bila Engkau tak besertaku-Franky Sihombing. 

Nah maka itu tmn2 qt harus rendah hati. Jangan merasa ini hidupku dan aku yg paling tau apa yang terbaik untuk diriku. Jangan gitu temen2. Karna hidup qt milik Tuhan. Qt mau hidup dalam rencanaNya yg indah.
"TUHAN berkata, "Pikiran-Ku bukan pikiranmu, dan jalan-Ku bukan jalanmu."
(Yesaya 55:8)
“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”
(Yeremia 29:11)

Mungkin dalam hidup ini qt jg menemui masalah ato jalan2 yang tidak qt mengerti. Tapi percayalah itu semua merupakan proses dari Tuhan dan itu smw adalah jalan Tuhan untuk membawa qt ke rencanaNya yg indah.

"Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah mengandalkan pengertianmu sendiri."
(Amsal 3:5)

Met berpetualang dengan Tuhan dan nikmati penyertaaNya. :D

No comments:

Post a Comment